Entri Populer

Minggu, 26 Juni 2011

Tugas 6 Siswanto 31 2009 034


Pengalaman kerja

Cukup sulit mendapatkan pekerjaan dengan belum memegang pengalaman kerja. Tetapi untungnya saja saya diterima sebagai pegawai kios kelontong yang berada di Cengkareng. Ditoko ini saya mendapatkan kepercayaan untuk mencatat barang-barang yang masuk dan juga barang-barang yang keluar dan saya juga diberi tugas melayani pembeli yang datang ke toko ini. Awalnya saya mendapatkan kesulitan karena banyak pembeli yang ingin membeli dalam jumlah yang besar dan ada yang ingin membeli jumlah satuan.

Dan banyak sekali penjual ingin memasokkan barangnya ke toko ini. Tetapi saya tidak boleh langsung menerima karena harus melihat barang-barang yang masih ada digudang. Karena takutnya barang yang kami terima itu sudah ada di gudang. Dan akan menambah cost karena barang tersebut tidak terjual. Saya merasa tidak enak dengan barang-barang yang saya tolak karena saya belum pernah berhadapan langsung dan menolaknya.

Saya diawasi lumayan ketat dengan atasan saya. Karena takut saya membuat kesalahan.
Karena pengalaman Toko ini yang pernah kecurian dan kehilangan. Toko ini mewaspadai oarng-orang baru seperti saya. Saya juga diberitahukan bahwa pelanggan ada yang suka mencuri seperti rokok,minuman kaleng dan minuman serbuk seperti extra joss pernah diambil dengan tangan-tangan jahil mereka.

Maka dari itu saya harus memusatkan perhatian ke pelanggan saya yang hanya ingin melihat-lihat toko tapi tidak membelinya. Jam makan siang jam yang harus ekstra waspada karena banyak pegawai kami yang makan siang atau ada yang sholat sehingga penjagaan menjadi berkurang. Toko ini pernah mengalami kerugian sampai belasan juta karena toko ini dibobol oleh maling pada saat malam hari. Tetapi toko ini tidak bangkrut begitu saja. Belajar dari pengalaman toko ini jika malam hari sebagian stock barang ditaruh di gudang takut mengalami kecurian untu kedua kalinya.

Toko ini mengalami keramaian pada saat sabtu dan minggu karena akhir minggu adalah saat warung-warung kecil bahkan tukang dagang lainnya ingin menambahkan stocknya sehingga hari-hari itulah mereka berbelanja. Pelanggan yang paling teliti adalah kaum ibu-ibu daripada kaum laki-laki. Banyak sekali komentar yang keluar dari ibu-ibu tersebut. Kardus rusak factor utamanya. Mereka tidak mau menerima barang dengan kardus yang agak rusak walaupun barang itu masih baru sekali pun.

Walaupun pengalaman kerja yang sebentar tetapi itu merupakan pengalaman yang berarti bagi saya karena saya dapat mengetahui sifat-sifat konsumen saya yang berbeda-beda. Yang ingin mendapatkan yang terbaik dari toko saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar