Entri Populer

Minggu, 03 April 2011

Tugas 3


1.Perbedaan belanja di internet dengan belanja di toko
Belanja online  adalah suatu proses belanja yang memerlukan kepercayaan. Karena di dalam hal belanja online kita hanya dapat melihat barang yang di jual saja, tapi kita tidak dapat memegang, dan ongkos kirim barang belanjaan di toko online kita yang tanggung juga, tambah mahal bukan. Akan tetapi alasan-alasan tersebut tidak membuat orang-orang berpaling dari took online hanya semata-mata karena berbelanja di took online sangat efektif dan efisien. Memeng kalau belanja di took online kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk pergi ketoko, kita hanya perlu duduk manis didepan komputersaja sudah dapat melakukan proses pembeliannya dan untuk cara pembayaraannyapun semakin di permudah, salah satu adalah kita bias melakukan pembayaran melalui PayPal.
Belanja online memang sangat menghemat waktu api bukan belarti took online lebih baik dari took biasa yang sering kita kunjungi. Itu di karenakan di dalam melakukan proses pembelian di took online memiliki resiko besar yang mungkin akan di hadapi oleh kita. Apa saja resikonya? 
1.      Barang yang dikirim bisa saja barang display, barang yang sudah lama dipajang dan disentuh banyak orang di toko penjual. Artinya, barang tersebut sudah berkurang usia pakainya beberapa hari, atau beberapa bulan. 
2.      Barang yang dikirim bisa saja rusak saat perjalanan pengiriman. Kemungkinan lain karena quality control kurang bagus dari pabriknya, pada barang yang dikirim terdapat cacat, goresan, kotoran, atau kegagalan fungsi yang akhirnya baru diketahui ketika barang diterima atau difungsikan. 
3.      Barang yang dikirim berbeda warna, ukuran, tipe, jumlah atau jenisnya dengan barang yang dipesan. Hal ini bisa terjadi akibat kesalahan bagian pengepakan pada sisi penjual. 
4.      Barang yang dikirim hilang dan besar klaim asuransi tidak sebanding dengan nilai barang yang hilang tersebut. Kejadian lain yang mungkin terjadi adalah pengiriman terlambat hingga hitungan pekan. 
5.      Resiko terberat, penjual adalah penipu, barang yang sudah dibayar tidak kunjung datang. Data alamat penjual adalah palsu dan pemilik rekening juga tidak dapat dilacak. Niatnya dapat barang murah, malah kena tipu 
Sedangkan kalau jita berbelanja di took tradisional memeng kita harus membuang sedikit waktu untuk pergi ke toko. Tetapi berbelanja di took tradisional kita tidak perlu cemas akan resiko yang ada seperti berbelamja di toko online, karena proses berbelanja di toko tradisional dengan belanja di toko online sangat berbeda di mana kalau berbelanja di toko tradisional kita dapat melihat, memiliki, dan mencoba produk yang kita cariataupun kita dapat menawar (kalau bias) dan kita juga tidak perlu menanggung biaya pengiriman lagi.
2.Mengapa ritel perlu memahami proses pengambilan keputusan pelanggan?
Ritel harus memahami proses pengambilan keputusan pelanggan supaya mereka mengerti akan keputusan pelanggan. Dan kalau mereka mengerti akan keputusan pelanggan maka mereka akan lebih mudah untuk memberikan kepuasan bagi para pelanggan. Di dalam hal memahami proses pengambilan keputusan pelanggan maka para ritel harus mengetahui beberapa hal di bawah ini:
1.      Keputusan tentang kategori produk
Perusahaan harus memahami lingkup persaingan produk mereka dan Trend terhadap permintaan
2.      Keputusan tentamg merek produk
Di dalam hal ini perusahaan perlu mengetahi=ui kelemahan dan kekuatan produk sendiri dan pesaing dan juga harus memikirkan produk baru untuk memenuhi permintaan yang belum terpenuhi.
3.      Keputusan tentang su8mber informasi
Perusahaan di tuntut agar dapat menyusun pesan untuk pasar yang di layani

Konsumen memiliki 2 jenis yaitu
1.      Konsumen individu
Memiliki prilaku sebagai berikut
-          Pengambilan keputusan yang kompleks
-          Loyalitas merek
-          Pembelian tiba-tiba
-          Inertia (yang penting memuaskan kebutuhan)
2.      Konsumen organisasional
-          Melakukan pembelian hanya sekali
-          Keputasan yang di lakukan secara berulang biasanya berupa habitual purchase
Jadi jika ritel mengetahui hal-hal tersebut maka mereka akan lebih mudah untuk memuaskan para pelanggan mereka.

3.Geodemografis merupakan sebuah kombinasi dari karakteristik demografis dan gaya hidup konsumen dalam kelompok geografis.
Penetapan sasaran berdasarkan geodemografis.
Dasar pemikiran yang menjadi landasan geodemographic targeting adalh bahwa orang-orang yang menetap di daerah atau area yang sama, misalnya bertetangga atau dalam satu kawasan kode area, juga memiliki persamaan dalam demografis dan gaya hidup, sehingga dengan mengetahui di mana orang-orang menetap dapat di peroleh informasi mengenai market place behavior mereka secara umum, atau bisa juga di artikan segmentasi geodemgrafis, merupakan gabungan dari segmentai geografi dan demografi. Konsep ini menyatakan bahwa mereka yang menempati geografis yang sama cendrung memiliki karakter yang sama. Dengan begitu akan lebih memudahkan para pengusaha untuk melakukan pemasaran.

4. Jelaskan manfaat model multiatribut dalam mengevaluasi berbagai alternatif informasi ?
Manfaat model ini lebih aplikatif penerapannya untuk mengetahui sikap konsumen terhadap suatu produk atau obyek sikap yang lain. Sikap konsumen terhadap suatu produk atau merek tertentu dari suatu produk merupakan fungsi dari evaluasi terhadap atribut dan keyakinan atau kepercayaan tertentu mengenai produk tersebut.Dimana Sikap konsumen terhadap suatu produk atau merek sebuah produk ditentukan oleh 2 hal yaitu kepercayaan terhadap produk atau merek dan evaluasi dari produk tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar