Entri Populer

Sabtu, 23 April 2011

Strategi Bisnis Ritel


Tugas 4





Metro Mart

I.                    Strategi bisnis ritel mereka adalah sebagai berikut:
Hasil pengamatan saya strategi bisnis mereka meliputi 3 hal di bawah ini:
1.       Penentuan target market
Ini adalah strategi menentukan segmentasi pasar mana yang akan dibidik untuk sebuah bisnis ritel. Dan Metro Mart yang saya amati ini memilih lokasi di Pasar Barue, di mana kita tahu bahwa banyak pengunjung mondar mandir di sana, mulai  dari anak-anak sampai dengan yang tua-tua, dan menurut saya Metro Mart ii memiliki peluang pasar yang tinggi, misalnya para karyawan-karyawan perkantoran yang berada tidak jauh dari lokasi  ini, ataupun pengunjung-pengunjung Pasar Barue yang hanya ingin sekedar jalan-jalan saja.

2.       Competitive Advantages Strategy
Strategi keunggulan bersaing adalah Strategi yang di lakukan untuk memenangkan persaingn pasar pada target market yang telah di tentukan. Dalam menentukan Strategi ini diperlukan kreativitas dan keberanian untuk mengimplementasikan sesuatu yang baru atau unik yang mampu menjadi daya tarik khusus bagi konsumen.

Strategi- Strategi tersebut meliputi:
-          Customer Loyalty Program
Program-program untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ini sangat penting karena dengan meningkatnya persaingan antara perusahaan ritel, maka perlu dilakukanberbagai cara untuk  mempertahankan loyalitas pelanggan. Kemudahan dan kenyamanan berbelanja, program promosi internal maupun bekerjasama dengan perbanka atau institusi lainnya,  pembentukan komunitas pelangan, dan CRM program adalah bagian dari Strategi meningkatkan kesetiaan pelanggan. Misalnya Metro Mart setiap hari memiliki program promosi yang berbeda agar konsumen setia, Metro Mart juga menyediakan proses berbelanja melalui telepon untuk kemudahan para konsumen dalam melakukan pembelian , dan untuk proses pembayaran Metro Mart bekerjasama dengan bank Mandiri dan BCA.
-          Locations
Pemilihan lokasi sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan ke outlet setiap hari. Pertimbangan terhadap pemilihan area bisnis, kemudahan transportasi, keamanan lingkungan, tingkat kemacetan lalu lintas atau pengaturan jalur lalu lintas, kenyamanan dan keamanan building serta perjanjian sewa menyewa bangunan adalah hal-hal yang harus dipertimbangan dalam pemilihan Strategi lokasi. Peritel raksasa biasanya mampu menggunakan lokasi ini sebagai image khusus bagi outletnya, misalnya: dengan Metro Mart yang saya amati ini mereka memilih lokasi di lantai 2 metro Pasar Barue yang di mana didepannya ada food cort yang ramai di kunjungi pada saat makan siang.
-          Distribution & Information System:
Adapun mereka membuat saluran distribusi menjadi sangat efektif dimana barang-barang yang tersedia di sana tidak pernah kosong ataupun dekat dengan tanggal kadaluarsa dan mereka menyediakan pusat informasi yang siap melayani para konsumen.
-          Unique Products
Metro Mart juga menyediakan beberapa produk-produk yang tidak di jual di ritel-ritel yang lain, contohnya kerajinan tangan, pernak pernik mainan anak-anak juga.
-          Customer Care
Mereka memberikan informasi yang lengkap dan penanganan masalah atau complain dari pelanggan dengan begitu para pelanggan yang akan memberikan kontribusi kepada loyalitas pelanggan. Keluhan yang ditangani dengan baik akan membuahkan kesetiaan pelanggan sehingga tidak mudah terpengaruh untuk pindah kepada pesaing lain.

3.       Product Mix
Tentu factor bauran produk merupakan Strategi yang sangat penting bagi sebuah ritel bisnis. Mereka mampu memperhitungkan dampak pengurangan atau penambahan lini produk terhadap sales contribution margin pada keseluruhan bisnis atau pada salah satu outlet.   

II.            menurut saya elemen yang dapat menjamin keberlanjutan bisnis ritel ini adalah  SDM yang profesional dan yang berfungsi tepat pada bagian-bagian mereka dengan begitu maka akan terjaga keberlanjutan bisnis ritel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar